Info Sekolah
Jumat, 26 Jul 2024
  • Selamat Datang di Web Kami SMKN 1 GUNUNG JATI

Makna Kurikulum dalam Pendidikan

Minggu, 21 Januari 2024 Oleh : admin

Makna Kurikulum dalam Pendidikan.

Kurikulum Merdeka adalah konsep pendidikan yang menekankan pada kemandirian dan kebebasan belajar siswa. Istilah “Merdeka” di sini bermakna “merdeka dalam belajar” atau “bebas dalam belajar”. Konsep ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan potensi mereka secara lebih luas dan tidak terbatas oleh pembelajaran yang terpaku pada kurikulum yang kaku.

Ada beberapa aspek penting dari Kurikulum Merdeka:

  1. Fleksibilitas: Siswa diberi kebebasan untuk memilih mata pelajaran dan topik yang ingin mereka pelajari, sesuai dengan minat, bakat, dan kebutuhan mereka sendiri.
  2. Pembelajaran berbasis proyek: Pembelajaran lebih difokuskan pada proyek-proyek yang relevan dan aplikatif, yang memungkinkan siswa untuk belajar secara aktif melalui pengalaman nyata.
  3. Pengembangan keterampilan abad ke-21: Kurikulum Merdeka mengutamakan pengembangan keterampilan seperti kreativitas, pemecahan masalah, kerja sama, dan kritis berpikir, yang penting untuk menghadapi tuntutan dunia modern.
  4. Penggunaan teknologi: Integrasi teknologi menjadi bagian penting dari Kurikulum Merdeka, karena teknologi dapat menjadi alat yang powerful untuk mendukung pembelajaran yang lebih dinamis dan interaktif.
  5. Pendekatan inklusif: Konsep ini juga mengedepankan pendekatan inklusif, yang memperhatikan kebutuhan dan potensi setiap siswa tanpa memandang latar belakang, kemampuan, atau keberagaman mereka.

Dengan Kurikulum Merdeka, diharapkan setiap siswa dapat menjadi pembelajar yang mandiri, kreatif, dan mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan zaman. Ini sejalan dengan semangat kemerdekaan dalam belajar dan pengembangan diri secara optimal.

1. Kurikulum dapat dimaknai sebagai segala sesuatu yang dipelajari murid.
A. Benar
B. Salah
Kunci Jawaban: B. Salah

 

2. Alasan utama mengapa sekolah perlu melakukan adaptasi terhadap kurikulum dari pemerintah adalah …
A. Tidak semua guru memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk menjalankan kurikulum dari pemerintah
B. Setiap satuan pendidikan memiliki karakteristik yang berbeda
C. Kurikulum yang dikeluarkan oleh pusat masih perlu pengembangan secara berkelanjutan
D. Guru membutuhkan kurikulum yang dapat lebih dipahami dan diaplikasikan di sekolah
Kunci Jawaban: B. Setiap satuan pendidikan memiliki karakteristik yang berbeda

 

3. Dalam mewujudkan pembelajaran yang transformatif pada projek pembelajaran yang akan dilakukan, Bu Monik mendorong murid untuk membuat aksi nyata dalam isu sosial yang terjadi di sekitarnya berkaitan dengan materi yang mereka pelajari. Agar murid melakukan aksi dengan tepat, Bu Monik sebaiknya terlebih dahulu mengajak murid untuk melakukan hal-hal berikut, kecuali…
A. meminta murid mengevaluasi aksi yang telah dilakukan
B. mengajak murid untuk mengantisipasi sesuai konsekuensi atas aksi yang akan dilakukan
C. mendorong murid untuk memahami tujuan dirinya dan antar murid dalam melakukan aksi nyata tersebut
D. mengajak murid untuk melihat rencana aksi yang akan dilakukan dari perspektif yang berbeda.
Kunci Jawaban: A. Meminta murid mengevaluasi aksi yang telah dilakukan

 

4. Berikut yang merupakan hal-hal unik yang dimiliki sekolah atau yang disebut karakteristik satuan pendidikan adalah….
A. Kondisi daerah satuan pendidikan
B. latar belakang ekonomi murid
C. sarana dan prasarana satuan pendidikan
D. semua benar
Kunci Jawaban: D. semua benar

 

5. Pernyataan yang tepat mengenai perubahan kurikulum adalah…
A. Kurikulum diubah untuk memberikan tantangan yang lebih besar bagi murid
B. Perubahan kurikulum merupakan semata-mata tuntutan kebutuhan industri.
C. Kurikulum diubah untuk memenuhi kebutuhan murid terhadap perubahan zaman
D. Perubahan kurikulum harus mengacu kepada pendidikan negara maju
Kunci Jawaban: C. Kurikulum diubah untuk memenuhi kebutuhan murid terhadap perubahan zaman

 

6. Bu Sondang mengajar di sebuah sekolah di daerah pegunungan dan perkebunan. Murid di kelasnya sedang mempelajari berbagai cara pengawetan makanan. Pada buku paket, Bu Sondang mendapati latihan yang harus dikerjakan murid adalah melakukan pengawetan ikan dengan penggaraman. Hal yang sebaiknya dilakukan Bu Sondang adalah…
A. meminta murid untuk mengerjakanlatihan sesuai yang terdapat pada buku paket.
B. melewati bagian latihan tersebut dan melanjutkan ke materi berikutnya.
C. mengajak murid untuk melakukan pengwetan dengan teknik penggaraman pada makanan hewan lainnya.
D. mengajak murid untuk melakukan berbagai teknik pengawetan buah atau sayuran yang ada di daerahnya
Kunci Jawaban: D. mengajak murid untuk melakukan berbagai teknik pengawetan buah atau sayuran yang ada di daerahnya

 

7. Sebagai salah satu kepala sekolah di daerah tertinggal, Bu Solihat mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kunjungan ke sebuah sekolah di luar negeri. Beliau melihat materi pelajaran di sana lebih tinggi daripada di Indonesia. Beliau berkesimpulan bahwa negara tersebut bisa jauh lebih maju dari Indonesia karena materi pembelajarannya lebih tinggi. Saat kembali ke sekolahnya, Bu Solihat menyampaikan hal tersebut kepada seluruh guru dan meminta guru untuk menaikkan level materi pembelajaran yang diberikan kepada murid. Ia berharap murid-muridnya akan dapat lebih maju dan bersaing dengan murid dari sekolah lain. Pendapat yang tepat mengenai hal yang dilakukan oleh Bu Solihat di atas adalah….
A. Hal tersebut tepat dilakukan karena negara maju patut menjadi contoh dalam pengembangan kurikulum
B. Hal tersebut tidak tepat dilakukan karena lebih cocok diterapkan terlebih dahulu di sekolah perkotaan
C. Hal tersebut akan berhasil meningkatkan kompetensi dan daya saing murid di sekolahnya
D. Hal tersebut dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan karakter dan kebutuhan murid
Kunci Jawaban : D. Hal tersebut dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan karakter dan kebutuhan murid

 

8. Berdasarkan hasil analisis diagnostic dan suvey karakter, didapatkanbahwa murid SMP Merdeka Belaajr secara uum memiliki karkakter sebagai berikut. (1) berasal dari keluarga petani dengan ekonomi menengah ke bawah. (2) memilih untuk bekerja atau menikah dibandingkan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (3) memiliki gawai dengan spesifikasi terbatas (4) memiliki ketertarikan dan potensi pada bidang seni dan olah raga 5. Hal berikut dapat dilakuakn sekolah dalam rangka mengakomodasi kebutuhan murid dalam kurikulum di sekolah berdasarkan informasi di atas, kecuali…
A. mengadakan ekstrakurikuler dalam bidang seni dan olah raga sesuai minat dan sumber daya yang ada.
B. memasukkan pendidikan seksual dalam pembelajaran untuk meminimalisir pernikahan usia dini.
C. mengintegrasikan muatak kewirausahaanalam pelajaran untuk menyiapkan murid menjadi pekerja.
D. melibatkan murid dalam usaha penghijauan sekolah
Kunci Jawaban: D. melibatkan murid dalam usaha penghijauan sekolah

Pengumuman

Diterbitkan :
Pengumuman Kelulusan Tahun Ajaran 2023 – 2024
Cara melihat pengumuman kelulusan siswa secara online: Masuk ke portal SMKN 1 Gunung Jati https://srv67.smkn1gunungjati.sch.id/..
Diterbitkan :
Job Fair
Lebih lanjut klik tautan berikut… smkn1gunungjati.sch.id/jobfair smkn1gunungjati.sch.id/jobfair
Diterbitkan :
Pengumuman Kelulusan Tahun Ajaran 2022/2023
Cara melihat pengumuman kelulusan siswa secara online: Masuk ke portal SMKN 1 Gunung Jati https://srv67.smkn1gunungjati.sch.id/pilih..

Agenda

17
Agu 2023
14
Agu 2023